Standar Lulusan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program studi (Prodi)  Pendidikan IPS merupakan prodi yang didesain untuk menghasilkan Sarjana pendidikan dalam keahlian bidang Pendidikan IPS yang akan mengisi kebutuhan guru mata pelajaran IPS. Sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang dan peraturan pemerintah. Salah satu komponen yang menentukan kualitas calon guru Pendidikan IPS adalah rumusan kompotensi lulusan. Lulusan strata satu (S1) Prodi S1 Pendidikan IPS diharapkan memiliki kompotensi yang menggambarkan sosok utuh Pendidik IPS yang professional.

Sarjana pendidikan dengan keahlian guru IPS menggambarkan tanggung jawabnya dalam memberikan layanan dalam bidang Pendidikan IPS yang memuaskan pelanggan baik siswa maupun stakeholder lainnya secara luas. Kemampuan untuk mengelola dan memberikan pelayanan dilakukan secara profesional menjadi pertimbangan dalam merumuskan kompotensi sosok utuh lulusan Prodi Pendidikan IPS sebagai tenaga pendidik profesinal.

  1. Pendidik IPS
  2. Asisten Peneliti Bidang Pendidikan IPS
  3. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang IPS dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  4. Menampilkan akhlakul karimah dalam pelaksanaan tugas profesi guru mata pembelajaran IPS.
  5. Menampilkan sikap profesional dan inovatif yang tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan IPS.
  6. Menguasai konsep teoritis tentang IPS secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan IPS secara mendalam, serta mampu mempormulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  7. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan IPS secara mendalam.
  8. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar psikologi pendidikan dan konseling secara luas.
  9. Menguasai pengetahuan tentang kurikulum Pendidikan IPS secara luas.
  10. Mampu mengembil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  11. Memiliki keterampilan menggunakan teknologi dalam Pembelajaran IPS.
  12. Memiliki keterampilan mendesain pembelajaran mata pelajaran Pendidikan IPS.
  13. Memiliki keterampilan melakukan evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan IPS.
  14. Memiliki sikap proaktif dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan IPS.
  15. Memiliki kemampuan membangun jaringan kerjasama dalam mengembangkan Pendidikan IPS.
  16. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.